Text Widget

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA (LAPALKA)
 

Selasa, 18 Mei 2021

Maskot "Si Hebat" Spirit Lapalka

0 Comments

















PALANGKA RAYA- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya  menetapkan Kucing merah kalimatan sebagai Maskot, Selasa (18/05/2021)  . Kucing merah (Pardofelis badia atau Catopuma badia), juga dikenal sebagai kucing kalimantan, kucing merah kalimantan, atau kucing batu kalimantan, adalah kucing liar endemik pulau Kalimantan. Kucing merah jauh lebih kecil daripada kucing emas Asia. Bulunya berwarna cokelat terang, dan lebih pucat di tubuh bagian bawah, bulu di bagian kaki dan ekor agak pucat dan merah. Ekornya memanjang, meruncing pada ujungnya, dengan garis putih di sisi bawah, yang berwarna menjadi lebih putih ke ujung, dan ada bercak hitam kecil di ujung atasnya. Telinga kucing ini bulat, warna bulu pada bagian luar ialah coklat kehitaman, sedangkan bagian dalam berwarna lebih terang.  

Lapas Kelas IIA Palangka Raya menetapkan Kucing Merah sebagai maskot yang diberi nama HEBAT yang merupakan akronim dari Harmonis, Energik, Bersih, Aman, Terpercaya. Mengankat Kucing Merah sebagai maskot ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa pulau kalimantan memiliki sebuah kucing langka yang jarang orang mengenalnya bahkan orang Kalimantan sekalipun karena langkanya hewan tersebut.  Selain itu Maskot kucing merah ini memiliki makna bahwa petugas Lapas Kelas IIA Palangka Raya Hebat karena kelincahan, kecerdasan dan ketangkasannya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.  

Selain makna secara umum, bentuk maskot Lapas Kelas IIA Palangka Raya memiliki makna pada setiap corak dan bentuknya.  

Ada pun maknanya tersebut adalah sebagai berikut:

1.    Lawung yang terpasang dikepala:  peci/topi khas Kalimantan Tengah  untuk menunjukkan ke khasan corak Kalimantan Tengah, ini mengandung makna bahwa kita menjunjung tingga budaya Kalimantan Tengah.

2.    Ekspresi Wajah: mengandung makna Budaya 5 S yaitu Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santu dalam  memberikan pelayanan. 

3.    Seragam: menujukkan indentitas sebagai petugas pemasyarakatan yang menjunjung tinggi tata nilai PASTI.

4.    Mengacungkan Jari Jempol:  menunjukkan petugas Lapas Palangka Raya selalu memberikan pelayanan prima. 

5.    Ekor : ini melambangkan petugas Lapas Palangka Raya bertanggung jawab atas tugas yang diembannya. 

6.    Warna coklat terang pada bagian atas tubuh: ini melambangkan petugas Lapas Palangka Raya penuh kehangatan, memberi rasa aman dan nyaman bagi penerima layanan. 

7.    Warna merah pucat bagian bawah tubuh: melambangkan kegembiraan dan energi. Petugas Lapas Palangka Raya dalam menjalankan tugasnya selalu ceria, tidak mengeluh dan selalu bersemangat. 

8.    Warna putih pada bagian ekor: ini melambangkan kesederhanaan, serta bersih  dalam melayani masyarakat (bebas dari penyalagunaan wewenang) 


0 Comments:

Posting Komentar

YOUTUBE LAPAS PALANGKA RAYA