Text Widget

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA (LAPALKA)
 

Jumat, 18 Februari 2022

Lapas Palangka Raya Ikuti Sosialisasi SPPN secara Virtual

0 Comments



Palangka Raya - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya mengikuti kegiatan Sosialisasi Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN) beserta instrumennya secara virtual, Jum'at (18/02/2022) pada pukul 08.30 WIB.

Bertempat di Ruang PKBM, kegiatan ini diikuti oleh Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik (Binadik), Tigor Immanuel Hutabalian, Kepala Subseksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan (Bimkemaswat), Agung Sutrisno Putro, beserta Staf Bimkemaswat.

Kegiatan ini digelar dalam rangka menindaklanjuti Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan No.PAS-10.01.OT.02.02 tahun 2021 tentang Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN), dan disahkannya Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan

Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Dipimpin oleh Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi, Thurman Hutapea, beliau menyampaikan bahwa SPPN merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 35 Tahun 2018 tentang Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan.

"SPPN berfungsi sebagai instrumen penilaian perubahan perilaku narapidana yang selanjutnya akan digunakan sebagai data dukung primer dalam pemberian hak-hak dan program kepada narapidana. Penilaian perilaku narapidana dapat terselenggara sesuai kebutuhan individual dan dilakukan secara terukur,” jelas Thurman.

Selanjutnya, Subkoordinator Pendidikan dan Kesadaran Bernegara, Septy Juwita Agustin, menambahkan bahwa keberadaan SPPN memudahkan petugas dalam menentukan pemberian hak-hak bagi narapidana secara terukur.

“Instrumen yang terkandung dalam SPPN dapat menjadi acuan terukur bagi petugas. Hal ini tentunya memudahkan petugas dalam memonitor perubahan sikap dan perilaku narapidana menjadi manusia yang lebih baik,” ungkap Septy.

0 Comments:

Posting Komentar

YOUTUBE LAPAS PALANGKA RAYA