Text Widget

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA (LAPALKA)
 

Rabu, 10 November 2021

Terus Dorong Pembinaan Kemandirian WBP, Lapas Palangka Raya Ternak Ayam Pedaging

0 Comments




PALANGKA RAYA - Untuk memberikan skiil dan kemandirian warga binaan, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas II A Palangka Raya, membuat tempat uji ternak untuk 200 anakan ayam pedaging di lapas, Rabu (10/11/2021).


Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palangka Raya, Chandran Lestyono, mengatakan upaya pemberian skill melalui beternak ayam, diharapkan mampu menjadi cara pembinaan terbaik bagi mereka.

"Kita harapkan dari kandang ini, para warga binaan bisa mendapatkan ilmu yang bisa diterapkan di masyarakat saat ia bebas," ujar Chandran. 


Kasubsi Kegiatan Kerja, Widi, menjelaskan usaha budidaya ayam ini merupakan bagian dari program pemberdayaan ekonomi terhadap warga binaan Lapas setempat.


"Warga binaan yang menjalankan kegiatan budidaya sehari-hari seperti pemeriliharaan ayam, memberi makan-minum, membersihkan kandang dan sebagainya," katanya.


Ia mengatakan keuntungan dari hasil budidaya ini juga dibagi dalam tiga bagian yakni untuk warga binaan sendiri, biaya operasional serta pemasukan untuk Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).


"Keuntungan untuk warga binaan ini biasanya mereka pakai untuk membelanjakan kebutuhan sehari-hari, ada juga yang disimpan untuk diberikan kepada keluarga mereka," katanya.


Staff Kegiatan Kerja, Toni, menambahkan dengan memberikan keterampilan seperti itu, pihaknya berharap kehadiran mereka saat kembali di tengah masyarakat, memberikan banyak manfaat.

"Bisa saja mereka malah bisa menciptakan lapangan kerja bagi orang lain," tambah Toni.

0 Comments:

Posting Komentar

YOUTUBE LAPAS PALANGKA RAYA