Text Widget

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA (LAPALKA)
 

Selasa, 05 April 2022

Komitmen Penuhi Hak Kesehatan WBP, Lapas Kelas IIA Palangka Raya Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin Pada WBP

0 Comments



Palangka Raya - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palangka Raya terus berkomitmen untuk penuhi hak kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Hal ini dibuktikan dengan pemeriksaan kesehatan WBP secara rutin, Selasa (05/04/2021).


Kesehatan merupakan salah satu hak dasar yang harus dipenuhi oleh negara bagi seluruh warga negara, tanpa terkecuali WBP.


Kegiatan pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh petugas kesehatan Lapas Palangka Raya. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi, pemeriksaan kesehatan fisik yang difokuskan pada WBP yang mempunyai faktor resiko seperti obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes dan jantung. 


"Kami melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Minimal dilakukan pengecekan tekanan darah, gula darah, TBC dan pemberian obat jika terdapat WBP yang sakit" jelas dr. Mariana Sitinjak.


Pelayanan kesehatan tersebut diberikan secara gratis, sebagaimana diatur dalam PP RI No. 32 Tahun 1999 Pasal 14 Ayat 1 yang menyatakan bahwa, setiap tahanan, narapidana dan anak wajib mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.


Sementara itu, Kepala Lapas Palangka Raya menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan ini dinilai sangat penting. Terutama untuk memastikan dan menjaga kesehatan WBP di tengah pandemi.


"Kami bersama dengan tim kesehatan Lapas Palangka Raya terus berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan WBP dalam menjalani masa pidana" tutup Kalapas.


0 Comments:

Posting Komentar

YOUTUBE LAPAS PALANGKA RAYA