Text Widget

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA (LAPALKA)
 

Kamis, 23 Maret 2023

Peringati HTBS Sedunia, 100 WBP Lapas Palangka Raya Jalani Screening TBC dari Dinkes Kota Palangka Raya

0 Comments



Palangka Raya - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya melalui Tim Medis menyambut kedatangan Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dalam rangka pelaksanaan Kegiatan Screening Tuberkulosis (TBC) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan(WBP), Selasa (21/03) bertempat di Gazebo Serbaguna Lapas Kelas IIA Palangka Raya.


Screening TBC ini dilakukan kepada 100 (seratus) orang WBP dalam upaya tracing terkait penyebaran TBC pada WBP lapas. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari TBC Sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret setiap tahunnya, dengan tema global yang diangkat "Yes! We can End TB". Sedangkan, tema yang dipilih oleh Indonesia adalah tema yang berkaitan dengan kerja sama multipihak untuk mencegah dan mencapai eliminasi TBC yaitu "Ayo Bersama Akhiri TBC, Indonesia Bisa!".

Kepala Lapas Kelas IIA Palangka Raya, Chandran Lestyono, menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang diberikan oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dengan melaksanakan screening TBC untuk WBP. Beliau berharap dengan kegiatan ini, dapat memutus penyebaran penyakit dan gangguan kesehatan di lingkungan Lapas Kelas IIA Palangka Raya.

"Seperti yang kita ketahui, resiko penyebaran penyakit di Lapas sangat besar. Oleh karena itu, kami sangat apresiasi kegiatan yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya ini karena tentunya sangat bermanfaat dan berharap screening ini dapat mencegah penyebaran virus TBC dan penyakit lainnya ke dalam Lapas," ungkap Chandran.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dari Dinas Kota Palangka Raya, Irma Afsesta, menyampaikan kegiatan ini menjadi upaya Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya bersama dengan Lapas Kelas IIA Palangka Raya meningkatkan kesadaran masyarakat terutama WBP bahwa Tuberkulosis saat ini menjadi epidemi di dunia.

"Peringatan HTBS Tahun 2023 ini, dimaksudkan untuk meningkatkan peran serta masyarakat, pemangku kebijakan serta multi-stakeholder lainnya dalam mendukung program pengendalian TBC. Dalam kesempatan ini, kami memilih Warga Binaan untuk menjalani screening TBC sebagai upaya pencegahan penularan penyakit di Lapas," jelasnya.

Kegiatan Skrining TBC kali ini menjadi bagian dari Program Pengendalian TBC di Wilayah Kota Palangka Raya. Lapas Kelas IIA Palangka Raya terus berkomitmen dalam optimalisasi kualitas layanan Pemasyarakatan terutama pemenuhan layanan kesehatan bagi WBP Lapas Kelas IIA Palangka Raya.

#KemenkumhamRI
#KumhamPasti
#kanwilkemenkumhamkalteng
#kemenkumhamkalteng
#hendraekaputra
#lapaspalangkaraya
#chandranlestyono









0 Comments:

Posting Komentar

YOUTUBE LAPAS PALANGKA RAYA