Text Widget

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA (LAPALKA)
 

Kamis, 18 Mei 2023

GENAP 5 TAHUN HUMAS LAPALKA, SEMBOYAN KEMENKUMHAM KIAN MENDARAH DAGING

0 Comments

 



Tidak banyak pegawai pada sebuah instansi yang mau bekerja diluar tupoksi mereka tanpa diberi upah. Kebanyakan mereka mengharapkan imbalan atas pekerjaan diluar tugas pokok mereka. Imbalan baik berupa benda, uang atau jabatan menjadi pendorong mereka untuk melakukan pekerjaan diluar tugas pokok mereka.  Namun tidak dengan  pegawai yang berada dalam Tim Humas di Unit Pelaksana Teknis (UPT)  pada setiap Kantor Wilayah Kementerian hukum dan HAM seluruh Indonesia.

 

Perlu diketahui  bahwa di tingkat UPT pada Kementerian Hukum dan HAM  belum  ada bidang  yang tupoksinya membidangi Kehumasan. Sehingga Kehumasan yang ada di UPT merupakan tim yang dibentuk oleh kepala UPT. Dan dengan demikian mereka yang ada di dalam TIM Humas memiliki 2 (dua ) tugas yakni tugas pokok yang sesuai dengan jabatan mereka dan tugas tambahan mereka sebagai anggota Tim Humas.

 

Inilah yang menjadi alasan pengecualian mengapa pegawai yang berada di dalam TIM Humas mau bekerja tanpa pamrih, tanpa imbalan atau pun janji-janji yang menggiurkan untuk pribadi mereka. Karena memang  tidak ada penghasilan tambahan untuk pekerjaan tambahan mereka sebagai anggota Tim Humas. Mereka bekerja memang murni karena dedikasi mereka untuk instansi tempat mereka bekerja. Semboyan Kementerian Hukum dan HAM “Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas”  telah mendarah daging  disetiap anggota Tim Humas di UPT tidak terkecuali Tim Humas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palangka Raya (LAPALKA).



Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palangka Rata, Chandran Lestyono selaku Penanggungjawab Tim Humas LAPALKA  membe-rikan arahan pada kegiatan Rapat Tim Humas. Kegiatan ini diikuti oleh Ketua Tim Humas Lapalka, Tigor I. Hutabalian, Wakil Ketua Humas Lapalka, Pirhansyah, serta Angota Tim Humas  LAPALKA. Pendopo LAPALKA, Rabu (8/2/2023).


Meluangkan waktu untuk tugas tambahan diselah waktu tugas pokok mereka itu bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi mengingat pekerjaan kehumasan khususnya menulis diperlukan kemampuan menyusun kalimat berita yang baik dan terkadang menyita waktu istirahat mereka dalam menyelesaikan sebuah berita. Bekerja Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas memang pantas disematkan kepeda mereka anggota Tim Humas LAPALKA. 


Peran kehumasan di lingkungan pemerintah memiliki posisi yang sangat penting dan strategis. Hal tersebut tak lepas dari fungsi dasar kehumasan dalam membentuk opini publik yang positif bagi instansi.  Selain itu, humas juga diperlukan sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada publik tentang program, kebijakan, capaian, maupun prestasi organisasi.


Sebuah ungkapan yang disampaikan oleh Sekjen Kementerian Hukum dan HAM, Andap Budhi Revianto mengatakan bahwa humas tidak memenangkan pertempuran, tetapi tanpa humas pertempuran tidak akan dimenangkan. Ungkapan ini mempertegas bahwa betapa pentingnya humas bagi instansi.


Salah satu anggota Tim Humas LAPALKA melakukan dokumentasi kegiatan Kepala Lapas Kelas IIA Palangka Raya di Aula Rutan Palangka Raya, Selasa (18/1/2022)


Beratnya tanggung jawab yang diemban oleh tim humas membuat anggota harus bekerja keras dalam mewujudkan tujuan kehumasan tersebut, mengingat basic anggota tim humas bukan seorang jurnalis karena memang pada saat perekrutan mereka adalah penjaga tahanan dengan klasifikasi pendidikan SMA, sehingga tim humas yang terbentuk harus digembleng terlebih dahulu, dibekali dengan ilmu jurnalistik.  Beruntungnya baik dari Unit Eselon I maupun dari Wilayah Khususnya Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah  rutin memberikan pembekalan kehumasan kepada UPT, bahkan sejak tahun lalu Kanwil Kalimantan Tengah telah membuat program RABU HUMANIS sebagai media sharing tentang kehumasan dengan menghadirkan pemateri-pemateri yang ahli dibidang Public Relations. 


Kepala Lapas Kelas IIA Palangka Raya (LAPALKA), Chandran Lestyono, Ketua Humas, Tigor I. Hutabalian, Wakil Ketua Humas LAPALKA, Pirhansyah,  dan Sekretaris Humas LAPALKA, Astri Gencari Ramadani, serta salah satu Anggota Humas LAPALKA Julio Anggoro Mengikuti Kegiatan RABU HUMANIS yang dilaksanakan secara Virtual oleh Kanwil Kemenkumham Kalteng. Rabu (1/2/2023).

 



Tim Humas LAPALKA  membangun kinerja dengan kerjasama yang saling melengkapi. Pembagian tugas sesuai dengan minat masing-masing anggota. Membuat narasi berita, editing foto, editing video sehingga menghasilkan berita, informasi yang menarik bagi pengguna media sosial. Semenjak dibentuknya tahun 2018 silam, Tim Humas LAPALKA, terus menunjukkan peningkatan kualitas dan semangat  yang sangat signifikan. Terlihat dari prestasi yang mereka telah ukir baik di tingkat Wilayah maupun di tingkat  Kementerian. di tahun 2020 Tim Humas Lapas Palangka Raya menempati posisi ke III sebagai Tim Humas terbaik Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah. Pada tahun 2021 Tim Humas LAPALKA semakin menunjukkan kinerjanya dengan menyabet posisi ke I sebagai Tim  Humas terbaik se Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah. Tidak mau tertinggal dengan Tim Humas Lapalka, Tim Humas  se-Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah berlomba-lomba meningkatkan kinerja membuat  TIM Humas LAPALKA tergeser ke posisi ke II pada tahun 2022, namun pada tahun tersebut Tim Humas LAPALKA mendapat penghargaan terbaik Videografis terbanyak dengan klasifikasi terbaik penyampaian Videografis tahun 2022, dan masuk dalam deretan 5 besar Videografis terbanyak di tingkat Kementerian.



Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palangka Raya, Chandran Lestyono Menerima Penyerahan Penghargaan terbaik bidang  kehumasan se-Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng, Hendra Ekaputra Aula Swiss-Bel Hotel Danum Palangka Raya, Kamis (11/5/2023).




Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa yang patut diapresiasi. Tidak mudah menjalani sebuah pekerjaan 2 (dua) sekaligus. Tidak mudah Menjalankan 2 (dua)  tanggungjawab secara bersamaan.  Diperlukan semangat kerja keras, keikhlasan, dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tugas tersebut. Penulis mengharapkan anggota tim humas mendapat perhatian dari pimpinan agar kelak diperhatikan jenjang karirnya untuk mendapat promosi jabatan. Atau bahkan menjadi perhatian Kementerian untuk menambahkan tusi kehumasan di Unit Pelaksana Teknis, atau pun paling tidak dengan penempatan pegawai baru di UPT dengan basic  akademik public relations,  ini dapat menjadi langkah solutif di bidang kehumasan pada UPT.


Ditahun 2023 ini Tim Humas LAPALKA Genap 5 tahun menunjukkan dedikasinya untuk Lapas Kelas IIA Palangka Raya. Diharapkan dengan banyaknya pengalaman membuat Tim Humas LAPALKA semakin apik dalam menyajikan informasi serta semakin solid dalam kerjasama tim sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah diraih  baik di tingkat wilayah maupun di tingkat Kementerian. Tim Humas LAPALKA, Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas.

 

****

ditulis oleh: KDP

0 Comments:

Posting Komentar

YOUTUBE LAPAS PALANGKA RAYA