Text Widget

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA (LAPALKA)
 

Rabu, 10 Maret 2021

Cegah Gangguan Jiwa pada WBP, Paramedis Lapas Palangka Raya Ikuti Training Mental Health 101

0 Comments




Palangka Raya - Salah satu Paramedis Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya, Wulandari Yupiami, mengikuti Webminar Mental Health secara virtual melalui aplikasi zoom, Rabu (10/03).


Webminar ini merupakan kegiatan yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang bekerjasama dengan Kedutaan Besar Inggris, sebagai salah satu upaya dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan jiwa bagi Tahanan, Narapidana dan Anak.


Dalam pelatihan ini juga dilaksanakan sharing session oleh Psikiater dan Konsultan Kesehatan Mental, dr. Albert Maramis, melalui pengenalan umum Kesehatan dan gangguan mental, studi kasus, dan rekomendasi hal untuk dilakukan dan tidak dilakukan


Pada kesempatan ini, Wulan, menjelaskan tentang pelatihan Mental Health tersebut, "intinya membahas tentang kesehatan mental di Rutan dan Lapas, terutama bagi anak-anak yang rentan terkena gangguan jiwa. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan pendekatan yang berbeda dibanding dengan WBP dewasa, yaitu dengan menciptakan kondisi yang berbeda sebagai lembaga yg melakukan pembinaan pada anak seperti terdapat pendidikan, rekreasi, konseling oleh petugas LPKA," jelas Wulan.


Selain itu, Wulan juga menjelaskan bahwa untuk menangani Warga Binaan yang mengalami gangguan jiwa maka tetap melakukan koordinasi dengan Rumah Sakit Jiwa melalui rujukan terlebih dahulu sesuai prosedur.

0 Comments:

Posting Komentar

YOUTUBE LAPAS PALANGKA RAYA