Text Widget

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA (LAPALKA)
 

Rabu, 23 Februari 2022

Kembangkan Potensi, WBP Lapas Palangka Raya Produksi Aquascape

0 Comments


Palangka Raya– Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya terus mencari dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), salah satunya adalah pembuatan aquascape. Chandran Lestyono selaku Kepala Lapas (Kalapas) Palangka Raya mengungkapkan bahwa keterampilan pembuatan aquascape ini jika dikembangkan, dapat menjadi bekal WBP setelah bebas nanti.

 

“Saya berharap dengan pengembangan potensi pembuatan aquascape ini, dapat menambah wawasan serta meningkatkan motivasi dan keterampilan para WBP dalam mengelola ikan hias atau aquascape. Sehingga nantinya dapat menjadi bekal mereka pada saat bebas nanti,” ungkap Chandran, Rabu (23/2).

 

Aquascape adalah seni menghias tanaman di dalam air yang dipadukan dengan penempatan objek seperti batu, kayu, dalam wadah akuarium ataupun akrilik yang menggunakan ekosistem air tawar. Kerajinan menjadi salah satu hobi yang banyak diminati masyarakat karena dari segi harga penjualan cukup menjanjikan.

 

Di Lapas Palangka Raya sendiri, banyak WBP yang menggemari ikan hias. Sehingga aquascape ini bisa menjadi pilihan mereka untuk mengembangkan minat, potensi, prospek, dan peluang budidaya ikan hias ke depan sesuai dengan kondisi masyarakat. Diharapkan, WBP juga bisa saling mengajari untuk mengembangkan keterampilan dalam berwirausaha perikanan.

 

Salah satu WBP berinisial JW mengungkapkan sangat menggemari kesenian ini karena bisa merasakan ekosistem alam di dalam air. Dirinya sangat bersyukur, karena Lapas Palangka Raya sangat mendukung potensi yang dimilikinya.

 

Aquascape ini memiliki nilai estetika keindahan yang tinggi dan dapat dinikmati oleh semua orang. Oleh karena itu, saya sangat berterima kasih kepada Lapas Palangka Raya yang juga mendukung saya untuk mengembangkan potensi ini. Sehingga pada saat bebas nanti, saya bisa menjadikan keterampilan ini sebagai usaha saya dan bisa juga mengajarkan teman-teman lain aquascape ini,” ungkapnya.


Dengan diawasi petugas secara langsung, WBP membuat aquascape yang indah. Jika sudah berkembang dengan baik, nantinya aquascape ini akan dipasarkan ke pegawai maupun masyarakat luas.

0 Comments:

Posting Komentar

YOUTUBE LAPAS PALANGKA RAYA