Text Widget

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA (LAPALKA)
 

Kamis, 17 Februari 2022

Maksimalkan Informasi Remisi Online, Kasubsi Registrasi Lapas Palangka Raya Pasang Banner

0 Comments


Palangka Raya - Pemenuhan informasi secara maksimal kepada masyarakat maupun Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) menjadi perhatian jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya. Tak heran bila sejumlah banner, seperti Layanan Pengurusan Remisi Online dan Alur Proses Pengusulan Remisi terpasang di sejumlah sudut kantor Lapas Palangka Raya.

Kepala Subseksi Registrasi, Mohammad Ziun Khabibulloh, menegaskan pemasangan banner-banner tersebut bertujuan agar WBP memahami alur proses pengusulan Remisi yang sekarang dilaksanakan secara online tanpa tatap muka. WBP diusulkan dan diperiksa persyaratannya oleh sistem di mana lama pengiriman berkas dilakukan secara elektronik. Pengusulan juga berdasarkan sistem dan data, bukan berdasarkan penilaian subyektif atau personal.

“Remisi online merupakan pemberian hak Remisi berbasiskan teknologi informasi melalui aplikasi Sistem Database Pemasyarakatan sehingga prosesnya bebas pungutan liar, cepat, transparan, dan obyektif,” tegas Ziun, Kamis (17/2).

Selain itu, WBP dapat mengetahui persyaratan yang telah terpenuhi ataupun tidak terpenuhi di mana Surat Keputusan (SK) Remisi diberikan tidak hanya bagi WBP yang mendapatkan, namun bagi yang tidak mendapatkan SK. Data tersebut dapat dimonitor langsung oleh keluarga dan penasihat hukum melalui laman layanan.ditjenpas.go.id.

 

"Harapan kami dengan adanya sosialisasi secara terus-menerus, WBP memahami alur proses pemenuhan hak mereka berupa Remisi. Kami tetap mengingatkan kewajiban mereka untuk dipenuhi dan dilakukan sebagai dasar pemenuhan hak WBP, seperti berkelakuan baik, kooperatif dalam mengikuti pembinaan, dan tidak melanggar tata tertib,” pesan Ziun.

 

Salah satu WBP, MN mengungkapkan informasi Remisi online tersebut sangat bermanfaat karena Remisi merupakan salah satu hal penting bagi mereka. "Saya sangat berterima kasih atas banner yang sudah dipasang dan sosialisasi yang diberikan. Hal ini sangat membantu kami untuk mengetahui alur Remisi yang sekarang secara online. Kami sangat butuh informasi ini karena terkait pengurangan masa pidana kami," ungkap MN.

 

0 Comments:

Posting Komentar

YOUTUBE LAPAS PALANGKA RAYA