Text Widget

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA (LAPALKA)
 

Selasa, 21 Februari 2023

Lapas Palangka Raya Kanwil Kemenkumham Kalteng Ikuti Entry Meeting Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kemenkumham Tahun 2022 oleh BPK RI

0 Comments


Palangka Raya – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya mengikuti kegiatan Entry Meeting Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2022 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah, Selasa (21/2). Pada kesempatan ini, kegiatan diikuti oleh Kepala Lapas Kelas IIA Palangka Raya, Chandran Lestyono, Pejabat Pembuat Komitmen, Tigor Immanuel Hutabalian serta Bendahara, Trimurty.


Bertempat di Aula Mentaya Kanwil Kemenkumham Kalteng, kegiatan ini dihadiri oleh Kakanwil (Hendra Ekaputra), para Pimti Pratama Kanwil, Pejabat Administrator, seluruh Kepala UPT Palangka Raya, Pejabat Pengawas, Bendahara, Operator Keuangan, beserta Kepala UPT Luar Kota Palangka Raya beserta seluruh pengelola keuangan yang hadir secara virtual.


Wakil Penanggungjawab II BPK RI, Iwan Gunawan, menuturkan bahwa Kemenkumham merupakan salah satu kementerian yang memiliki LK dengan pengelolaan keuangan cukup besar, BPK sebagai salah satu lembaga negara yang ditugaskan untuk melaksanakan pemeriksaan dalam pengelolaan keuangan negara saat ini memeriksa pada aspek pelaksanaan anggaran berdasar kepada Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN).


Disampaikan terdapat 3 Jenis Pemeriksaan yang BPK lakukan yaitu, Pemeriksaan Keuangan yang nantinya menghasilkan Opini Laporan Keuangan, Pemeriksaan Kinerja dengan tujuan menilai aspek ekonomi, efisiensi atau efektivitas, dan terakhir ada Pemeriksaan PDTT. Dalam melaksanakan penilaian kewajaran LK oleh BPK diantaranya harus memenuhi 4 kriteria, pertama Kesesuaian LK dengan SAP, kedua adalah Kecukupan Pengungkapan LK, Efektivitas Sistem Pengendalian Internal, dan terakhir Kepatuhan Terhadap Peraturan Perundang-undangan.


“Diharapkan Kemenkumham Kalteng memberikan kontribusi yang positif dalam upaya mempertahankan opini WTP atas Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM,” ucap Iwan.


#KemenkumhamRI 

#KumhamPasti 

#kemenkumhamkalteng

#kanwilkemenkumhamkalteng

#hendraekaputra 

#lapaspalangkaraya 

#chandranlestyono 

@kemenkumhamri 

@ditjenpas 

@kumham_kalteng 

@divisipemasyarakatankalteng 

@azizahrahmanawati 

@dsoekowati 

@nchand2469

@diary_kemenkumham









0 Comments:

Posting Komentar

YOUTUBE LAPAS PALANGKA RAYA