Text Widget

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA (LAPALKA)
 

Kamis, 02 Maret 2023

Lapas Palangka Raya Kanwil Kemenkumham Kalteng Ikuti Sosialisasi dan Bimtek SPPT TI Tahun 2023

0 Comments


Palangka Raya - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya melalui Subseksi Registrasi ikut serta dalam pelaksanaan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Implementasi Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berbasis Teknologi Informasi (SPPT TI) oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia yang dilaksanakan secara daring, Kamis (2/3).

Pelaksanaan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Implementasi SPPT TI ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 Tentang RPJMN Tahun 2020-2024 Terkait Perkembangan SPPT TI. Dimana pada pembahasan Sosialisasi Bimtek kali ini membahas Target SPPT TI Tahun 2023 mengenai perluasan satuan kerja  dengan operasional Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) di Lapas/Rutan Seluruh Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, yang diwakili Direktur Teknologi Informasi dan Kerjasama, Dodot Kuswanto, serta Pejabat APH lainnya dari Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan Agung Republik Indonesia dan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Kepolisian Republik Indonesia akan Memaksimalkan aplikasi IMP sebagai alat bekerja Penyidik dalam proses pertukaran data SPPT TI. Sedangkan dalam kesempatan lain Dodot Kuswanto selaku Direktur Teknologi Informasi dan Kerjasama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI menyampaikan, "sebagus apapun sistem data yang dibangun, kalau sistem yg diinput tidak benar maka tidak akan menjadi data yang baik. Maka sangat perlu agar dilakukan bagaimana meningkatkan dari sisi kapasitas dan tanggung jawabnya dalam menginput data dan dokumen.
Peningkatan kapasitas di jajaran pemasyarakatan kami lakukan dengan Bimbingan Teknis, dan Peningkatan tanggung jawab kita lakukan dengan Sistem SPTJM (Surat Perintah Tanggung Jawab Mutlak) pada Supervisor, Administrator hingga Operator SDP. Validitas data dan dokumen yang diinput SDP menjadi tanggung jawab bersama. Maka dari itu, bekerjanya kita ada pada sistem, bukanlah sistem bagian dari akhir," ungkapnya.

Lapas Kelas IIA Palangka Raya terus berkomitmen dalam transparansi pelaksanaan pertukaran data secara digital melalui SPPT TI  yang dipimpin langsung oleh Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia.

#KemenkumhamRI
#KumhamPasti
#kemenkumhamkalteng
#kanwilkemenkumhamkalteng
#hendraekaputra
#lapaspalangkaraya
#chandranlestyono
@kemenkumhamri
@ditjenpas
@kumham_kalteng
@divisipemasyarakatankalteng
@azizahrahmanawati
@dsoekowati
@nchand2469
@diary_kemenkumham






0 Comments:

Posting Komentar

YOUTUBE LAPAS PALANGKA RAYA