Text Widget

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA (LAPALKA)
 

Kamis, 16 Maret 2023

Lapas Palangka Raya Kanwil Kemenkumham Kalteng Ikuti Sosialisasi Pengawasan Kearsipan di lingkungan Kemenkumham

0 Comments

Palangka Raya - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya menghadiri kegiatan Sosialisasi Pengawasan Kearsipan secara virtual. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran petugas yang merupakan Kepala Urusan Umum, Pirdaus, Staff Umum, Didi dan Staf Kepegawaian, Pepri Melinda, Rabu (15/03/2023).


Dalam hal ini pemateri dari Biro Umum Sekretariat Jenderal kemenkumham, Dedi dan Emon A. Kohar menyampaikan beberapa penjelasan Ruang lingkup kegiatan pengawasan kearsipan di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.


“Terkait kegiatan pengelolaan arsip dinamis yang meliputi penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip, penyusutan arsip (pemindahan arsip inaktif, pemusnahan arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna dan penyerahan arsip permanen ke Arsip Nasional Republik Indonesia) dan sumber daya kearsipan (SDM Kearsipan dan prasarana kearsipan)”, ungkap Dedi.


“Penagawasan kearsipan adalah proses kegiatan dalam menilai kesesuain antara prinsip, kaidah dan Standar kearsipan dengan penyelenggaraan kearsipan”, lanjutnya.


Dilanjutkan dengan paparan dari Emon A. Kohar menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan penilaian penggunaan Arsip, Pelaksanaan pemeliharaan Arsip.

 “Melakukan verifikasi naskah apakah sudah sesuai atau otentik dengan permenkumham 31 Tahun 2020 tentang TND, menilai terhadap Kepala surat, Penomoran Surat, Isi Surat dan Kaki Surat apakah sudah sesuai dengan TND, serta mengisi Lembar Form Audit Kearsipan pada kolom Penciptaan arsip sesuai dengan hasil Analisa yang telah dilakukan”, imbuh Emon.


#KemenkumhamRI 

#KumhamPasti 

#kemenkumhamkalteng

#kanwilkemenkumhamkalteng

#hendraekaputra 

#lapaspalangkaraya 






0 Comments:

Posting Komentar

YOUTUBE LAPAS PALANGKA RAYA